Kanker: Sudah Kenal?

Ketertarikan mempelajari apa dan bagaimana itu kanker berawal dari kesempatan yang diberikan Tuhan kepada saya untuk bekerja di Rumah Sakit Pusat Kanker Nasional di Indonesia. Bercampur hal yang saya rasakan, antara bahagia dan prihatin. Ya, bahagia karena saya yakin banyak hal baru yang bisa saya pelajari di tempat ini. Namun, prihatinnya karena semakin banyak pasien berdatangan dan kasus kompleks yang saya pelajari, berarti semakin terlihat bahwa masyarakat Indonesia ternyata tingkat kesehatannya cukup buruk. Hal ini yang tersirat dalam benak saya. Sepakat?

Apa kata yang pertama kali terpikirkan oleh teman-teman saat mendengar kata kanker? “penyakit mematikan?” “vonis mati?” ganas?” membunuh perlahan?” jujur, saya tidak bisa mengatakan apa yang teman-teman pikirkan itu salah atau benar, karena proses yang terjadi dibalik kata “kanker” ini cukup kompleks. Tergantung lokasinya, tergantung faktor resikonya, tergantung penyebarannya, tergantung kondisi kesehatan pengidapnya, dan banyak hal lain yang perlu kita pertimbangkan. Mungkin di lain kesempatan kita akan berdiskusi tentang ini.

Okay. “lalu, apa pentingnya buat saya mengetahui tentang kanker?” itu urusan orang-orang di rumah sakit saja”. Mungkin untuk teman-teman yang ranah ilmunya dibidang lain, atau mungkin yang pernah mendengar namun tidak mau tau karena menganggap hal itu mengerikan, beropini demikian. Boleh-boleh saja, tapi apakah kita yakin kalau kita atau keluarga kita sama sekali tidak memiliki resiko untuk didatangi “si kanker” itu suatu saat?

Stop sampai di sini dulu, jadi “Kanker: Sudah kenal?” 😀

 

Leave a comment